Pengaruh electroacupuncture di postanesthetic menggigil selama anestesi regional acak terkontrol

Created by :

Abstrak
Menggigil selama anestesi regional adalah komplikasi umum dan berhubungan dengan penurunan dalam pasien inti suhu tubuh. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa akupunktur pada acupoints tertentu dapat melestarikan inti suhu tubuh.

Metode: Penelitian prospektif terkontrol dan acak menganalisis data dari 80 pasien yang menjalani urologis operasi, yang diklasifikasikan sebagai ASA I atau II. Anestesi spinal dilakukan pada semua pasien yang menggunakan 15 mg bupivakain. Para pasien secara acak dialokasikan untuk menerima akupunktur plasebo (Kelompok P, n = 40) atau
electroacupuncture (Grup A, n = 40) selama 30 menit sebelum pemberian anestesi spinal. Menggigil skor adalah direkam pada interval 5 menit, dengan 0 mewakili tidak ada menggigil dan 4 mewakili paling parah menggigil mungkin.
Denyut jantung, tekanan darah, dan suhu timpani dicatat sebelum injeksi intratekal, dan lagi
setiap 5 menit setelah itu sampai 30 menit.
Hasil: Setelah anestesi spinal, penurunan suhu timpani kurang untuk Grup A pasien dari Grup P,
dengan perbedaan yang signifikan secara statistik.

Kesimpulan: Penggunaan profilaksis electroacupuncture mungkin mempertahankan suhu inti tubuh, dan mungkin efektif mencegah menggigil yang biasanya berkembang selama anestesi regional.
Sidang pendaftaran: Australia Selandia Baru Clinical Trials Registry ACTRN12612000096853.
Kata kunci: Akupunktur, Menggigil, termoregulasi

Latarbelakang
Anestesi regional dapat mengganggu thermoregulatory kontrol dengan menggigil terkait yang dilaporkan di hingga 64% dari kasus . Menggigil selama neuraxial anestesi berpotensi memiliki efek yang merugikan. Berbagai opioid dan non-opioid farmakologis mengobati. Penilaian ini digunakan untuk mengelola menggigil postanesthetic, namun beberapa efek samping telah dilaporkan untuk agen ini,
termasuk hipotensi, hipertensi, obat penenang, respiratory depresi, mual, dan muntah.
Akupunktur telah dilaporkan mengerahkan menguntungkan efek pada mual dan muntah postanesthetic. Bagaimana- pernah, efektivitas akupunktur sebagai profilaksis modalitas terhadap menggigil postanesthetic belum diselidiki. Anestesi regional menghasilkan vasodilata-tion, yang memfasilitasi core-to-perifer redistribusi dari panas dan menurunkan suhu tubuh inti.
Beberapa studi telah melaporkan bahwa akupunktur memberikan sebuah Efek thermoregulatory, tetapi mekanisme tidak sepenuhnya dipahami . Electroacupuncture daripada akupunktur pengguna telah digunakan dalam banyak studi, karena parameter dari electroacupuncture dapat tepat dikontrol, memungkinkan penelitian yang akan direplikasi .

Metode
Studi ini disetujui oleh Institutional Review Board Chang Gung Medical Foundation dan Australia New Selandia Clinical Trials Registry. Informed consent adalah diperoleh dari setiap peserta. Dikecualikan dari mempelajari pasien yang sebelumnya menerima akupunktur; atau yang memiliki sejarah hipo-atau hipertiroidisme, cardio-penyakit paru, atau gangguan psikologis, atau yang membutuhkan transfusi darah selama operasi, atau awal yang suhu tubuh adalah> 38,0 ° C atau <36,0 ° C, atau yang memiliki sejarah dikenal penyalahgunaan alkohol atau zat, atau yang menerima vasodilator, atau obat-obatan kemungkinan untuk mengubah termoregulasi, atau yang telah menerima ASA (American Masyarakat anestesi) klasifikasi sama dengan atau lebih besar dari 3, atau yang lebih muda dari 20 tahun ataulebih tua dari 80 tahun.
Semua peserta secara acak ditugaskan untuk kelompok kedua
A (electroacupuncture) atau Kelompok P (plasebo) pada
dasar pendekatan alokasi tersembunyi.

Pasien tidak menerima premedikasi. Mereka denyut jantung, tekanan darah, dan denyut nadi oksimetri arteri O2 saturasi dicatat menggunakan standar non-invasif monitor menjadi- kedepan injeksi intratekal. Pengukuran suhu tubuh inti . Sebelum injeksi intratekal, dan selanjutnya pada setiap 5 menit Interval selama periode perioperatif, yang inti suhu tubuh pasien dipantau oleh keledai- bernyanyi suhu timpani. Evaluasi postanesthetic menggigil. Kehadiran dan derajat menggigil dicatat oleh pengamat buta untuk penelitian.

Metode penyelamatan dan efek samping. Efek samping seperti hipotensi, mual, muntah, dan
halusinasi dicatat.

Analisis statistik. Ukuran sampel dihitung dengan menggunakan LULUS 2.008 soft-
ware.
Hasil
Pasien karakteristik 85 pasien yang terdaftar untuk penelitian. Satu pa-
tient dikeluarkan karena gangguan psikologis dan 4 pasien dikeluarkan karena cardiopulmonary
penyakit.  Hemodinamik perubahan dan efek samping. Skor sedasi adalah 1 pada semua pasien hanya setelah intrateka injeksi. Tidak ada perbedaan yang diamati antarakelompok untuk nilai hemodinamik Bagaimana-pernah, dalam kelompok perbedaan yang ditemukan untuk compari anak hemodinamik pra operasi dan pasca operasi. Semua pengukuran hemodinamik diperoleh setelah 30 menit yang stabil, dan kami tidak melakukan perbandingan analisis data tersebut.

Inti suhu tubuh. Suhu rata-rata inti pasca-anestesi dibandingkan dengan pada awal berbeda secara signifikan antara 2 kelompok.

Dua mekanisme utama postanesthetic menggigil yang hipotermia dan kalibrasi ulang suhu menunjuk ke tingkat yang lebih tinggi . Manajemen menggigil postanesthetic harus fokus pada memperbaiki ini pathophysiologic perubahan, seperti menjaga panas tubuh pasien merupakan masalah penting.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa electroacu- tusukan diberikan efek antishivering signifikan com-
dikupas dengan pengobatan plasebo.

Acupoint merangsang ST36 dapat menghasilkan sedikit peningkatan suhu oral, dengan penurunan simultan dalam kulit yang suhu badan (pengukuran terbatas pada pertahankan lokasi kulit). Para peneliti yang sama diperpanjang mereka studi untuk merekam lokasi kulit tambahan, dan hasil
menunjukkan bahwa stimulasi ST36 di kaki kiri diproduksi vasokonstriksi di kedua kakinya, tapi tidak baik dalam lengan menemukan bahwa suhu kulit cenderung menurun setelah 30 menit dari electroacupuncture stimulasi. Bukti ini mendukung hipotesis bahwa akupunktur untuk ST36 dapat menyebabka perifer vasokonstriksi.

Pengamatan klinis telah menunjukkan bahwa melakukan akupunktur pada ST36 menghasilkan bentuk yang lebih jelas dalam panggilan pulsa. Temuan ini mungkin berarti bahwa perbatasan pulsa radial muncul, yang TCM dokter dapat untuk mendeteksi dengan manipulasi pulsa melalui radial mendorong atau gerakan lainnya. Fenomena  ini mungkin disebabkan perifer vasoconstriction. Kami juga hipotesis bahwa akupunktur untuk ST36 dapat memfasilitasi pelestarian panas. Hasil kami menunjukkan bahwa electroacupuncture ke ST36 ST37 dan bisa mempertahankan suhu inti tubuh selama
daerah anestesi.  Temuan kami menunjukkan bahwa akupunktur untuk ST36 dan
ST37 tidak mencegah bradycardia atau hipotensi setelah anestesi spinal. Tingkat bradikardia dan
hipotensi (didefinisikan sebagai penurunan berarti pres-darah yakin lebih dari 20% dari baseline) dalam waktu 30 menit setelah anestesi tidak berbeda secara signifikan antara kelompok.

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa pra operasi electroacupuncture on bilateral (Zusanli) acupoints ST36 dengan frekuensi rendah dan tinggi baik dapat menunda waktu untuk dosis pertama pethidine setelah operasi dan penurunan PCA tuntutan dan morfin jumlah disampaikan dalam pasien yang menjalani operasi perut bagian bawah.

Studi sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa frekuensi rendah electroacupuncture di acupoints dari ekstremitas bawah melemahkan aktivitas saraf simpatik, yang mungkin otot makan menggigil untuk produksi panas .

Kesimpulan
Pelestarian suhu inti tubuh adalah penting untuk mencegah menggigil postanesthetic, dan electroacupuncture ST36 dan ST37 untuk bisa mencapai tujuan ini.

 

Singkatan
URS: Ureteroendoscopy, ASA: American Society of anestesi; Kelompok
P: Placebo kelompok; Sebuah grup: Grup electroacupuncture.

Reference :

Bo-Yan Yeh, Yi-Chun Hsu, Jyun-Yan Huang, I-Ting Shih, Wei-Jia Zhuo, Yung-Fong Tsai, Chee-Jen Chang and Huang-Ping Yu.

(Yeh et al. 2012)Yeh, B.-yan et al., 2012. Effect of electroacupuncture in postanesthetic shivering during regional anesthesia : a randomized controlled trial. BMC Complementary and Alternative Medicine, 12(1), p.1. Available at: BMC Complementary and Alternative Medicine.

Leave a comment